Jadi Pelatih Kepala, Wayne Rooney Resmi Balik Ke MLS

By ommed


nusakini.com - Sebelumnya, Rooney telah menukangi Derby County sejak 2020, tetapi ia dipecat pada bulan Juni lalu setelah klub Inggris tersebut terdegradasi ke kasta ketiga.

Legenda Manchester United tersebut sempat dikaitkan dengan beberapa klub, termasuk tim masa kecilnya, Everton. Tapi, itu tidak terjadi dan Rooney memilih untuk kembali ke MLS dan menukangi DC United.

"DC United hari ini mengumumkan bahwa Wayne Rooney telah ditunjuk sebagai pelatih kepala klub yang baru," bunyi pernyataan resmi DC United dikutip dari laman resmi mereka.

"Rooney, yang sebelumnya bermain dan menjadi kapten klub Major League Soccer (MLS) selama dua tahun dari 2018 hingga 2019, kembali ke DC United setelah dua tahun menjabat sebagai manajer Derby County saat mereka berkompetisi di Championship."

"Pelatih kepala sementara Chad Ashton akan tetap memimpin tim sampai Wayne Rooney menerima visa kerjanya."

Sementara itu, Co-Chairmen DC United Jason Levien mengungkapkan: "Wayne adalah legenda sepakbola dan salah satu manajer baru yang paling menarik dan dinamis dalam olahraga ini. Dia sudah membuktikan karier kepelatihannya yang masih muda bahwa ia tahu bagaimana memimpin sebuah kelompok melalui kesulitan."

Steve Kaplan menambahkan: "Dia memiliki pemahaman tentang liga kami dan apa yang diperlukan untuk sukses di MLS berkat masa tinggalnya selama dua tahun bersama kami sebagai pemain."

"Gairah yang ia tunjukkan saat mengenakan Hitam-Merah menggetarkan kota kami dan klub kami, dan kami bersemangat untuk menyambutnya kembali sebagai pelatih kepala kami."

Sebelum gantung sepatu sebagai pesepakbola, Rooney sempat berkarier bersama DC United dari 2018 hingga 2019.

Selama berseragam klub MLS itu, Rooney mencatatkan 25 gol dan 14 asis dalam 52 pertandingan di berbagai ajang. Ia juga berhasil terpilih sebagai MLS Best XI pada 2018, All-Star pada 2019, dan finalis MLS MVP pada 2018. (gi/om)